Sabtu, 10 Juli 2010

Arti Pentingnya Pendidkan Bagi Manusia

Arti Pentingnya Pendidkan Bagi Manusia
Salam sejahtera untuk kita semua
Yang saya homati,Bapak Helmi Baker selaku guru bidang studi b.indonesia dan yang saya hormati teman-teman seperjuangan.
Pertama sekali saya hanturkan kepada tuhan yang maha kuasa kerena telah memberikan rahmatnya sehingga saya dapat menyampaikan pidato saya .
Disini saya akan menyampaikan beberapa hal tentang arti pentingnya pendidikan bagi manusia
Berbicara tentang pendidikan, maka membahas perkembangan peradaban manusia. Perkembangan pendidikan manusia akan berpengaruh terhadap dinamika sosial-budaya masyarakatnya. Sejalan dengan itu, pendidikan akan terus mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan kebudayaan. Oleh karena itu saya akan membahas tentang arti pentingnya pendidikan bagi manusia, serta sasaran pendidikan secara umum di Indonesia.Dari masa perkembangan peradaban kuno sampai munculnya abad pencerahan di eropa, bidang pendidikan mendapat tempat utama dan strategis dalam kehidupan pemerintahan. Pendidikan merupakan yang paling utama, hal itu setidaknya dapat kita lihat dari pendapat beberapa ahli berikut ini ;
 Jean Jaqques Rosseau, seorang tokoh pembaharu Perancis menyebutkan, Semua yang kita butuhkan dan semua kekurangan kita waktu lahir, hanya akan kita penuhi melalui pendidikan.
 Aristoteles, ahli filsafat Yunani kuno berpendapat, bahwa perbaikan masyarakat hanya dapat dilakukan dengan terlebih dahulu meperbaiki sistem pendidikan.
 Van de venter, tokoh politik ETIS atau balas budi, yang menjadi tonggak awal perkembangan munculnya golongan terpelajar Indonesia juga mengatakan, Pendidikan yang diberikan kapada rakyat pribumi, akan dapat merubah nasib pribumi.
Dari pembahasan saya diatas kita dapat mengambil perbedaan antara pendidikan Negara bagian barat dan Negara bagian timur.
Di Negara barat,saya pernah membaca sebuah buku bahwasanya dinegara barat khususnya Amerika ,anak- anak usia muda telah dibimbing oleh orang tuanya unruk menguasai satu keahlian dibidang tertentu .dan bidang akan menjadi keahlian yang mahir dan anak tersebut dapat menguasai bidang tersebut secara menyeluruh.
Di Negara bagian timur sendiri,kita dapat melihat perkembangan pendidikan di Indonesia. Kita sejak SD sampai dengan SMA dituntut untuk menguasai lebih dari satu bidang pendidikan.sehingga kita tidak ada satu bidang khusus yang kita kuasai secara menyeluruh.
Dari kedua Negara ini kita lihat bahwa Negara yang paling maju adalah Amerika daripada Indonesia. Itu semua dikarenekan anak-anak Indonesia tidak memiliki satu keahlian yang memang sangat dikuasainya sejak kecil.
Oleh karena itu,saya memiliki sebuah pemikiran,jika anak-anak di Indonesia memiliki satu keahlian yang memang di kuasai secara menyeluruh,maka besar kemungkinan Negara Indonesia dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya.Pendidikan SMK harus lebih diperbanyak dan lebih difasilitasi secara maksimal.karena Siswa SMK telah belajar menguasai satu bidang tertentu yang kelak dapat menumbuhkan perkembangan pendidikan di Indonesia sendiri.
Pesan saya, Jadilah seorang yang berguna dalam satu bidang dan bekerjalah untuk Indonesia.
Sekian dan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar