Sabtu, 10 Juli 2010

Matematika Sekolah dasar

BAB I

1.1 LATAR BELAKANG
Pembelajaran matematika adalah proses pemberian pengalaman belajar kepada peserta didik melalui serangkaian kegiatan yang terencana sehingga peserta didik memperoleh kompetensi tentang bahan matematika yang dipelajari peserta yang komponen artinya,peserta didik yang cerdas.terampil,mampu memahami dengan baik bahan yang diajarkan
Keberhasilan pembelajaran ditunjukkan oleh dikuasainya materi pembelajaran oleh siswa.Kita mengetahui bahwa salah satu factor keberhasilan dalam pembelajaran adalah factor kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran .
Pembelajaran yang berhasil dan kondusif biasanya diukur dengan tingkat penguasaan materi pembelajaran melalui nilai tes dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran.
Siswa yang memiliki kompetensi yaitu siswa yang mengikuti proses pendidikan berupa pembelajaran.Kenyataan dilapangan menunjukan banyak siswa yang kesulitan dalam pembelajaran matematika yang salah satu satu penyebabnya adalah kesalahan dalam menjalani proses tersebut.
Salah satu pembelajaran matematika yang dianggap sulit bagi siswa untuk memahami maupun guru yang mengajarkannya adalah pembelajaran pecahan dikelas lll SD Negeri no.153/IX sungai bahar I.
Konsep pembelajaran dan operasinya merupakan konsep yng sangat penting untuk dikuasai sebagai bekal untuk mempelajari bahan matematika berikutnya dan bahan bukan matematika terkait.Metode pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa untuk memahami konsep dan makna pecahan sehingga meningkatkan persentase kemampuan pembelajaran bagi siswa SD Negeri No 153/IX Sungai Bahar I.
Kenyataan dilapangan merupakan permasalahan yang perlu diatasi.saya sebagai guru kelas merasa bertangung jawab atas permasalahan yang terjadi,sehingga saya mengangkat masalah ini menjadi permasalahan dalam penelitian tindakan kelas sebagai pendekatan dalam mengatasi permasalahan.
1.2 Perumasan Masalah
Rumusan masalah penelitian adalah:
Apakah dengan penggunaan dan pemanfaatan bahan manipulatif dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III SD No 153/IX Sungai Bahar dalam pembelajaran Pecahan?

1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaak bahan manipulatif dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas III SD Negeri No 153/IX Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi dalam pembelajaran pecahan

1.4 Hipotesis penelitian
Hipotesis penelitian adalah penggunaan bahan manipulatif dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III SD Negeri No 153/IX Sungai Bahar dalam pembelajaran pecahan

1.5 Manfaat Penelitian
Hasil penelitian diharapkan bermanfaat bagi
1.Guru matematika :sebagai bahan acuan dalam menentukan alat peraga yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas III SD dalam pembelajaran pecahan.

2.Kepala sekolah : Bahan pertimbangan dalam menetapkan kebijaksanaan untuk meningkatkan pembelajaran matematika terutama materi pecahan di sekolah.

Tujuan Karya Ilmiah
Adapun tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah :
Untuk menyampaikan gagasan,memenuhi tugas dalam studi,untuk mendiskusikan gagasan dalam suatu pertemuan , mengikuti perlombaan dan untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan/hasil penelitian.

BAB II
Tinjauan Pustaka

Pada dasarnya media dan bahan manipulatif dapat dimanfaat sebaik-baiknya dalam pembelajarn matematika SD .keduanya merupakan Alat Bantu pembelajaran matematika SD yang penggunaannya didasarkan pada pertimbangan ,alas an ,atau kriteria tertentu (professional standart for teaching mathematic reston : NCTM 1996)

Media pembelajaran dalam pembelajaran matematika SD adalah :
Alat Bantu pembelajaran yang digunakan untuk menampilkan ,mempersentasekan, menyajikan ,atau menjelaskan bahan pelajaran kepada peserta didik.

Bahan manipulatif dalam pembelajaran matematika SD adalah:
Alat Bantu pembelajaran yang digunakan terutama untuk menjelaskan konsep dan prosedur matematika.

Alat ini merupakan bagian langsung dari mata pelajaran matematika,dan dapat di manipulasikan oleh peserta didik(dibalik, dipotong, digeser, dipindahkan ,digambar, ditambah, dipilah,dikelompokkan/diklasifikasikan)

2.1 Tindakan Yang Dipilih
Berdasarkan permasalahan dalam penelitian ini ditindak lanjuti dalam penelitian maka tindakan yang dilakukan adalah sebagai berikut:

2.1.1 Daur I : Peneliti meminta siswa menyediakan bahan manipulatif berupa lembar kertas tulis.selanjutnya penelitian membimbing siswa melakukan kegiatan melipat kertas,membuka dan menutup lipatan kertas sehingga siswa akan merasakan bahwa satu lembar kertas mempunyai empat lipatan sama besar.kegiatan dapat menunjukan makna ¼,2/4 , ¾ ,4/4.




1.Lipatan dari 4 lipatan yang sama disebut ¼

2.lipatan dari 4 lipatan yang sama disebut 2/4

3.Lipatan dari 4 lipatan yang sama disebut ¾

4.lipatan dari 4 lipatan yang sama disebut 4/4.








Setelah penelitian melaksanakan ini,ternyata sebagian besar siswa pada daur I masih banyak yang belum memahami makna pecahan ,untuk itu peneliti harus perlu mengambil tindakan pada daur II

2.1.2 Pelaksanaan Daur II
Penelitian Menyediakan potongan karton dengan berbagai warna dan bentuk sebanyak jumlah siswa.setiap siswa harus menyediakan penggaris dan mendapatkan tugas membuat gambar pecahan seperti 1/3 , 1/7, 4/8 , 2/6 ,3/4 di dalam kelompok kerjanya dengan bantuan teman sejawat. Ternyata hasil yang diperoleh siswa pada daur II ini sudah memuaskan.
1/3 1/7


4/8 2/6


¾ 1/8

1 komentar: