Sabtu, 10 Juli 2010

MATERI DAN PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR

MODUL 9
Kegiatan belajar 2

Sumber Pembelajaran Dalam PIPS

Menurut nasution (1982) mengajar adalah:
Suatu aktivitas mengorganisasikan atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkan dengan siswa sehingga terjadi proses belajar
Mengajar :Membimbing aktifasi siswa
Belajar :Mengacu pada apa yang dikerjakan guru sebagai pemimpin,pengolah,mengatur lingkungan belajar dan membimbing aktifitas siswa

A.Media sebagai sumber pembelajaran
AVA adalah alat-alat yang digunakan guru ketika mengajar untuk membantu memperjelas materi pembelajaran yang disampaikan kepada siswa.

Media pengajaran memiliki sifat sebagai berikut:
1. meletakkan dasar-dasar yang kongkret untuk berpikir
2. Memperbesar perhatian siswa sehingga saat KBM berlangsung
3. Membuat pelajaran lebih menetap atau tidak mudah dilupakan oleh siswa
4. Memberikan pengalaman yang nyata kepada siswa
5. Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan berkelanjutan secara teratur
6. Membantu tumbuhnya pengertian dan perkembangan berbahasa dalam mengungkapkan sesuatu dengan bahasa sendiri
7. Dapat menarik minat siswa dan menumbuhkan keinginan untuk membicarakan lebih lanjut

3 macam kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru dalam menciptakan dan mendorong terjadinya interaksi secara maksimal didalam kelas,yaitu:
 Mendorong berlangsungnya tingkah laku sosial yang baik
 Mengembangkan gaya interaksi pribadi
 Menumbuhkan hubungkan yang positif
Bagi guru IPS buku sumber bukan satu-satunya sumber pembelajaran yang dapat digunakan , karena buku sumber pada umumnya memuat informasi yang sudah lama.
Media dan alat peraga dalam pengajaran merupakan sumber pembelajaran yang dapat guru dalam melaksanakan perannya sebagai demonstrator
Manfaat media atau alat pembuatan adalah :
 Mengurangi verbalisme
 Memusatkan perhatian siswa
 Mudah diingat
 Membantu pemahaman siswa serta mendorong untuk melakukan diskusi.
Media pembelajaran digolongkan atas 3 kelompok yaitu :
1. Media dengar ( Visual Aids)
2. Media Pandang( Auditive Aids)
3. Media Raba atau gerak (Motor Aids)
Tetapi dalam pelaksanaannya terdapat multi media yang mencakup ketiga jenis media tersebut.
Kelas dapat dijadikan Sumber Pembelajaran sangat bergantung kepada guru dalam melaksanakan perannya sebagai pengelola kelas.Kelas tidak hanya berfungsi sebagai tempat berlangsungnya proses belajar mengajar (PBM), tetapi berfungsi pula sebagai tempat pameran hasil kerja siswa atau pajangan kelas.
Hasil kerja siswa yang dipajang adalah yang memuat pesan secara jelas,menunjang KBM,menimbulkan minat dan perhatian siswa dan adanya peraturan untuk menggunakannya.
Lingkungan sebagai sumber pembelajaran menuntut kreativitas guru untuk memanfaatkan dan mengeliminasikan kebiasaan mengajar yang rutinitas dan monoton.
Terdapat 4 jenis sumber pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dari lingkungan. Yaitu :
1. Masyarakat
2. Lingkungan fisik
3. Bahan sisa atau limbah
4. Peristiwa alam dan sosial
Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber pembelajaran mendorong siswa untuk berpikir logis,sistematis ,dan logis.karena dari lingkungan muncul berbagai fenomena yang menarik dan menantang bagi siswa,oleh kerena itu,guru dituntut memiliki ketermpilan membawa lingkungan kedalam kelas dan atau membawa siswa keluar kelas.





TES FOMATIF 2
1. Peran guru yang berkenan dengan keterampilan mengadakan sumber pembelajaran adalah …..
a. Mediator
b. Fasilitas
c. Demonstrator
d. Pengelola kelas
Jawaban : B
Kerena fasilator adalah media sebagai sumber pembelajaran yang erat kaitannya dengan peran guru.Media ini merupakan alat komunikasi untuk lebih mengefektifkan proses belajar mengajar

2. Buku teks sebagai sumber belajar memiliki keterbatasan,terutama dalam….
a.Pengkajian fakta Aktual
b.Sistematik penyajian
c.Fakta dan konsep
d.Contoh dan Konsep
Jawaban:A
Karena dalam penyajian fakta actual harus terpacu dalam buku teks sebagai sumber belajar,kalau tidak ada buku teks dalam PBM tidak akan tercapai (tidak nyambung)

3. Mengurangi verbalisme dapat dilakukan dengan penggunaan media pembelajaran,karena pada dasarnya siswa memiliki…….
a. Sense of interest
b. Sense of curiosity
c. Sense Of reality
d. Sense of inquiry
Jawaban :C
Karena Sense of reality adalah dorongan ingin melihat kenyataan

4. Peta dalam pembelajaran termasuk….
a. Visual Aids
b. Auditive Aids
c. Motor Aids
d. Auditorial Aids
Jawabannya A
Karena Visual Aids yaitu Media yang dapat didengar

5. Keberhasilan guru sebagai pengelola kelas diantaranya menerapkan disiplin yang termasuk…..
a.Hukuman
b.Tantangan
c.Tata tertib
d.Strategi belajar mengajar
Jawabnya D
Karena strategi belajar mengajar adalah taktik guru dalam mengelola kelas untuk menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses balajar mengajar dalam arti,tercapainya tujuan instruksional

6. Kelas sebagai tempat pameran hasil karya disebut….
a.Media pembelajaran
b.Alat pengajaran
c.Sumber belajar
d.Pajangan kelas
Jawabnya D
Karena dengan adanya pajangan kelas dapat membangkitkan semangat siswa belajar,dan akan tergugah bersemangat untuk berprestasi baik setelah membandingkan dengan hasil temannya yang lain.

7. Guru yang kreatif dan inovatif memiliki ciri…..
a.Kegiatan Melaksanakan tugas
b.Disiplin menggunakan waktu
c.Selalu mencari informasi
d.Terampil menggunakan media pembelajaran
Jawabnya D
Karena guru yang kreatif dan inovaif sudah memiliki langkah-langkah yang akan ditempuh untuk mengatasi situasi dan kondisi serta keinovatifan guru selalu berusaha memperkaya dan merevisi komponen-komponen pembelajaran yang baik.

8. Berita tentang gempa bumi di padeglang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran yang termasuk….
a.Lingkungan masyarakat


b. Lingkungan fisik
c. Media Massa
d.Peristiwa alam
Jawabannya:D
Karena peristiwa alam adalah peristiwa akibat Pergeseran tanah/lempengan yang ada di dasar laut,makanya terjadi gempa bumi,tsunami,tanah longsor,Dll

9. Disekitar sekolah terdapat petani yang berhasil,guru menjadikannya sebagai contoh belajar.Petani disebut…….
a.LIngkungan masyarakat
b.Lingkungan masyarakat
c. Interaksi sosial
d. Nara sumber
Jawaban : D
Karena Narasumber disebut disini yaitu seorang ahli untuk mendidik siswa.

10. Memanfaatkan lingkungan menjadi sumber pembelajaran ,guru harus mengacu pada…….
a. Kemampuan siswa
b.Tujuan instruksional
c.GBPP
d.Pokok bahasan
Jawabannya:B
Karena untuk memanfaatkan lingkungan sebagai sumber pembelajaran dapat meningkatkan kemampuannya dan mudah dipahami oleh siswa serta mengutamakan tercapainya tujuan instruksional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar